Semarak Peringatan Hari Keluarga Nasional XXVII di DKI Jakarta

Hari Keluarga dilatarbelakangi adanya sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Para pejuang rela pergi jauh dari keluarga, mengorbankan nyawanya demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Hingga pada akhirnya pada tanggal 22 Juni 1949 Belanda menyerahkan kedaulatan bangsa Indonesia secara utuh. Dengan adanya pengakuan kedaulatan ini, membuat para pejuang dapat kembali berkumpul bersama keluarganya tepat di tanggal 29 Juni 1949.

Tanggal 29 Juni 1949 itulah yang menjadi tonggak dijadikannya hari keluarga, sehingga melalui Keputusan Presiden Nomor 39 Tahun 2014, tanggal 29 Juni ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional (Harganas), yang telah diperingati pertama kali sejak tahun 1993. Dengan adanya peringatan Hari Keluarga Nasional diharapkan dapat mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai rumah dan tempat terbaik yang dapat menerima segala keluh kesah.

Dalam rangka menyemarakkan Hari Keluarga Nasional yang ke-27 tahun 2020, DKI Jakarta melakukan berbagai sosialisasi dan KIE secara daring melalui kegiatan webinar yang bertemakan tentang Pembangunan Keluarga. Pada puncak Hari Keluarga Nasional tanggal 29 Juni 2020, dilaksanakan pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor di seluruh Indonesia yang diinisasi oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dengan target pelayanan di DKI Jakarta sebanyak 21.193 akseptor.

Dari target yang sudah ditentukan tersebut, hasil pelayanan KB serentak di DKI Jakarta berhasil mencapai 103,1 persen atau 21.858 akseptor, dengan rincian sebagai berikut 8.379 akseptor pil, 5.402 akseptor kondom, 3.749 akseptor suntik, 2.214 akseptor IUD, 2.093 akseptor implan, 7 akseptor MOP, dan 14 akseptor MOW. Kegiatan pelayanan KB serentak ini dilakukan pada 281 fasilitas kesehatan, 450 Praktek Mandiri Bidan (PMB) dan 2.971 Kader PPKBD, PPKBRW, Dasawisma dan Kader KB lainnya yang ada di seluruh DKI Jakarta.

Selain berhasil mencapai target pelayanan KB serentak, pada puncak acara Hari Keluarga Nasional XXVII yang disiarkan secara live pada salah satu stasiun televisi, pasangan peserta KB lestari 20 tahun perwakilan dari DKI Jakarta berhasil menjadi pasangan KB teladan di tingkat nasional. Tidak hanya itu, Tim Penggerak PKK DKI Jakarta juga berhasil masuk dalam nominasi 6 (enam) besar dalam rangka lomba PKK KKBPK-Kesehatan di tingkat nasional.

Keberhasilan pelaksanaan Hari Keluarga Nasional di DKI Jakarta ini bisa terwujud berkat adanya kontribusi dan peran serta dari seluruh pihak yang ikut terlibat dalam mensukseskan kegiatan ini. Adanya pandemi covid-19, tidak mengurangi makna dari peringatan Hari Keluarga Nasional. “Melalui peringatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk membangkitkan dan meningkatkan kembali semangat kesertaan keluarga berencana bagi pasangan usia subur guna mencapai keluarga bahagia, sejahtera dan berketahanan khususnya di Provinsi DKI Jakarta” ujar Tuty Kusumawati, Kepala Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta. (Dinas PPAPP)